Thursday, October 18, 2018

KUMPULAN KISI-KISI SOAL PAS SEMESTER I MADRASAH IBTIDAIYAH

Tags
Loading...

Memasuki bulan November, tentunya para sohib guru sudah mulai mempersiapkan penilaian tengah semester. Tidak terkecuali bagi guru-guru yang bertugas sebagai guru mapel baik itu agama ataupun muatan lokal.

KUMPULAN KISI-KISI SOAL PAS SEMESTER I MADRASAH IBTIDAIYAH


Ulangan Akhir Semester (UAS) atau mungkin di beberapa sekolah ada yang menyebutnya dengan nama Penilaian Akhir Semester (PAS) dilaksanakan setelah menyelesaikan setengah dari kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan di jenjang kelas tersebut.

Sehingga untuk pembelajaran jenjang SD/MI pada kurikulum 2013, PAS dilaksanakan mulai tema 1 dan 2. Karena dipandang di kedua tema tersebut, sudah membelajarkan setengah dari kompetensi dasar yang diajarkan dalam 1 semester.

Pengertian Kisi-kisi

Sebelum membahas penyusunan kisi-kisi, alangkah baiknya sohib ketahui apa itu kisi-kisi ??? dan Sebelum menyusun soal untuk tengah semester / akhir Semester, maka diperlukan adanya kisi-kisi soal, untuk itu mari kita bahas satu persatu

Yang pertama Apa itu kisi-kisi ?? Kisi-kisi adalah Suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan atau dalam melakukan perakitan tes.

Yang kedua, Sebelum menyusun soal untuk tengah semester, maka diperlukan kisi-kisi soal. Pembuatan kisi-kisi soal harus memperhatikan kompetensi dasar (KD) yang dibelajarkan pada jenjang kelas tersebut.

Penyusunan soal penilaian tengah semester ini pada umumnya disusun secara berkelompok oleh para guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG). Dengan adanya kelompok ini, maka koordinasi penyusunan soal bisa berjalan dengan baik dan juga kompetensi guru dalam menyusun soal akan semakin terarah.

Untuk format kisi-kisi penilaian tengah semester, mungkin dibeberapa sekolah sudah memiliki format tersendiri. Namun, pada kesempatan kali ini, kami akan tetap memberikan bentuk format kisi dari kelas 1 sampai kelas 6 yang dijadikan sebagai pembanding atau referensi dalam membuat sebuah kisi-kisi soal nanti.

Di bawah ini ada beberapa contoh Kisi-kisi Soal yang dibuat sebagai referensi untuk para Guru yang memang bertujuan untuk menjadi lebih professional

KISI-KISI UTS/PAS BAHASA INDONESIA



KISI-KISI UTS/PAS IPA



KISI-KISI UTS/PAS IPS



KISI-KISI UTS/PAS PKN 



KISI-KISI UTS/PAS MATEMATIKA



KISI-KISI UTS/PAS BAHASA INDRAMAYU



KISI-KISI UTS/PAS BAHASA INGGRIS


KISI-KISI UTS/PAS AKIDAH AKHLAK



KISI-KISI UTS/PAS AL-QUR'AN HADITS



KISI-KISI UTS/PAS FIQIH



KISI-KISI UTS/PAS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM



KISI-KISI UTS/PAS BAHASA ARAB



Demikian kumpulan kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PAS)  Semester Ganjil yang bisa penulis sajikan, semoga isi kisi-kisi PAS ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi sebagian dewan guru Madrasah Ibtidaiyah yang sedang mencari referensi dalam penulisan soal PAS 

1 komentar so far

KISI-KISI UTS/PAS BAHASA INDRAMAYU
link kelas 4,5,6 isinya file kelas 6 semua gimana nih admin?


EmoticonEmoticon

loading...