Saturday, April 14, 2018

PANDUAN PENGELOLAAN EMIS PENDIS TAHUN 2018

Loading...

Seperti yang telah diketahui bersama, mulai Tahun Pelajaran 2017/2018 pengelolaan EMIS tidak lagi berbasis pada Microsoft Excel, Melainkan sudah diganti menjadi Aplikasi Berbasis Online. Untuk itu pada kesempatan kali ini admin madrasahku akan berbagi informasi kepada sohib semua mengenai Panduan Pengelolaan EMIS Pendis 


Panduan ini merupakan tahap pengenalan tata cara pengelolaan Apllikasi EMIS Kemenag Online. Sebab sampai artikel ini ditulis, website EMIS Kemenag masih belum bisa digunakan secara maksimal. Maka dari itu, panduan yang saya lampirkan dalam format pdf di akhir artikel ini, diharapkan mampu menjadi bekal persiapan dalam menggunakan Aplikas EMIS Kemenag setelah resmi dirilis nanti.

Panduan Pengelolaan EMIS Pendis Tahun 2017/2018

Di sini saya akan mebahas satu per satu menu yang terdapat pada Aplikasi EMIS Pendis, silahkan perhatikan

LOGIN

Untuk bisa melakukan anda harus memasukkan Username dan Kata Kunci dengan Benar kemudian klik Tombol Masuk.

BERANDA

Pada laman Beranda akan ditampilkan Fitur-fitur utama yang terdapat pada Aplikasi EMIS Kemenag Online, meliputi Profil Lembaga, Sarana Prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siswa, Kegiatan Belajar Mengajar, Keuangan dan Bantuan, Profik PTK dan Siswa, serta Jadwal.

EDIT PROFIL LEMBAGA

Anda bisa melakukan Edit Profil Lembaga yang meliputi NSM, NPSN, Nama Madrasah, Status Madrasah, Waktu Belajar, Jurusan/Program, Jenis Bahasa, Kategori Madrasah dan NPWP.

PROFIL LEMBAGA

Pada menu Profil Lembaga terdapat beberapa Sub Menu yaitu:
  1. Detail Lembaga berisi tentang informasi detail lembaga
  2. Lokasi/Alamat Madrasah berisi tentang koordinat tempat Madrasah berada
  3. Kontak Madrasah berisi tentang Nomor Telepon, email dan semua kontak madrasah yang bisa dihubungi
  4. Jarak Madrasah berisi tentang Jarak Madrasah dengan Kantor Kemenag Provinsi dan Kabupaten serta dengan sekolah-sekolah lain di sekitarnya
  5. Dokumen Perijinan dan ISO berisi tentang data perijinan sekolah dan sertifikat ISO jika memilikinya
  6. Akreditasi berisi tentang Status Akreditasi terakhir Madrasah
  7. KKM berisi tentang informasi mengenai Kelompok Kerja Madrasah (KKM), Komite Madrasah dan Asrama Siswa
  8. Penyelenggara berisi tentang Lembaga yang menjadi penyelenggara sebuah madrasah, misalnya pesantren (hanya untuk madrasah swasta saja)
  9. Kepala Madrasah berisi tentang informasi Kepala Madrasah yang menjabat saat ini
  10. Informasi BOS berisi tentang status penerimaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
  11. DIPA berisi tentang Dana Isian Pengajuan Anggaran Madrasah

SARANA PRASARANA

Menu SARANA PRASARANA berisi tentang semua peralatan yang terdapat di Madrasah seperti Meja, kursi, papan tulis, laboratorium dan lain sebagainya. Semua informasi mengenai SARPRAS Madrasah tersebut harus diinput sesuai dengan Kondisi riil di setiap Madrasah.

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Menu KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR berisi tentang informasi KBM di Madrasah, seperti Kurikulum yang digunakan, Jam tatap Muka, Buku Pelajaran untuk siswa dan guru dan lain sebagainya.

KEUANGAN

Menu Keuangan berisi tentang data keuangan Sekolah meliputi Penerimaan Keuangan Madrasah, Pengeluaran Keuangan Madrasah, Bantuan yang pernah diterima dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak Panduan Pengelolaan EMIS Pendis 2017/2018 berikut:




Demikianlah informasi mengenai Panduan Pengelolaan EMIS Pendis tahun 2017/2018 yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon

loading...