Friday, July 12, 2019

Download Alur ARD Madrasah Tahun 2019

Loading...

Kementerian Agama hadir untuk menjadi pengawal pendidikan Islam di Indonesia. Melihat amat pentingnya tugas itu, maka tugas Kementerian Agama khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam antara lain adalah mengayomi Madrasah yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu. Pada masa kekinian, kita menghadapi zaman internet yang semakin global. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sangst terbuka dalam menghadapi generasi digital. Tuntutan publik terhadap mutu pendidikan semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Merespons tuntutan tersebut Kementerian Agama melalui Ditjen. Pendidikan Islam meluncurkan Aplikasi Rapor Digital, yang diperuntukan bagi Madrasah diseluruh Indonesia.
alur aprd
Dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD), Madrasah harus semakin maju dan terbuka terhadap dunia internet dan digital. Kecepatan penyebaran informasi terutama bagi siswa Madrasah, untuk mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting. 

ARD ditujukan untuk untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. Di sisi lain, ARD merupakan langkah dalam inovasi agar lembaga Madrasah semakin kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Sehingga kedepan Penilaian Hasil Belajar yang tertuang dalam ARD sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi, serta Madrasah kedepan turut serta dalam pelaksanaan e-Government, dan Clean Government.

Download Alur Penggunaan ARD


Setiap Madrasah yang ingin mengakses aplikasi ARD, terlebih dahulu menghubungi Kanwil Provinsi untuk Registrasi Madrasah. Kanwil Provinsi membuat Akun Madrasah dan Aktifasi Akun. Madrasah menerima username & password serta link download VDI ARD melalui E-mail. Proktor Madrasah input data Guru agar Guru mendapatkan User Account untuk mengakses Aplikasi.

Untuk mengetahui lebih rinci akan alur Aplikasi Rapor Digital, silahkan rekan-rekan download pada link berikut
Demikian yang dapat mimin sampaikan, semoga dengan adanya alur ARD ini bisa membuat Madrasah semakin di depan


EmoticonEmoticon

loading...